Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SPIRITUAL ENTEREPRENEURSHIP


Berbicara tentang kewirausahaan, sama halnya dengan membahas rezki, dan membahas rezki berarti kita juga harus membahas tentang spiritual. Dunia usaha adalah dunia yang mengalami banyak tantangan, karena berbagai hal baru yang mungkin belum perna dialami sebelumnya. Bahkan solusinya pun belum pernah terpikirkan. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Ketika seorang pengusaha mengalami masalah, mau tidak mau harus mampu menyelesaikan masalah tersebut agar bisa tetap bertahan. Terkadang sesuatu yang sudah direncanakan dengan matang, ternyata ketika diterapkan di lapangan mengalami hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Sehingga harus mengambil langkah dan solusi yang tepat dalam waktu yang singkat. Hal ini yang menjadi tantangan terberat sekaligus menjadi nikmat dari Tuhan.
Kehebatan seorang pengusaha adalah tidak adanya seorang atasan yang bisa dijadikan tempat mengadu dan meminta solusi. Lain halnya dengan seorang karyawan/pegawai yang masih memiliki atasan untuk meminta solusi ketika terajdi masalah. Seorang pengusaha ketika mengalami masalah hanya bisa mengadu kepada Tuhan. Hal ini menunjukan bahwa, seorang pengusaha harus mampu menghadirkan keajaiban-keajaiban dari Tuhan agar mampu memberikan solusi ketika terjadi masalah.
Dan yang menjadi pertanyaanya adalah bagaimana seorang pengusaha mampu menghadirkan keajaiban tersebut. Hanya spiritualitas dari seorang pengusaha yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, sehingga seorang pengusaha mampu bertahan. Salah satu cara untuk menghadirkan keajaiban tersebut adalah dengan “bersedekah”.
Bagi seorang pengusaha “bersedekah” adalah menu wajib jika ingin sukses dalam berbisnis. Bahkan ada pendapat dari Bapak Purdi. E. Chandra (Penasehat Enterepreneurship University) mengatakan “Jangan bersedekah sedikit tapi ikhlas, namun bersedekalah yang banyak meskipun belum ikhlas. Karena ikhlas itu bisa dilatih dan hanya perlu membiasakan diri”.
Oleh karena itu bagi seorang pengusaha harus selalu memberikan sedekah sebelum memulai usaha, bukan mengeluarkannya setelah mendapatkan keuntungan. Karena tidak ada bisnis yang menguntungkan kecuali berbisnis dengan Tuhan.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Irma Deeana U.$ mengatakan...

Like this..

Posting Komentar