Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENCINTAI ALAM DAN MELESTARIKANNYA

Tanah air Indonesia yang memberikan hidup dan penghidupan kepada warga negara sejak lahir hingga akhir hayat yang penghabisan oleh karenanya wajarlah bila setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk melestarikan lingkungan hidup demi nama baik dan mengharumkan tanah air Indonesia. Seorang warga negara dituntut untuk berperan dalam pembangunan di semua aspek kehidupan yang mencakup; politik, ekonomi, sosial budayah, pertahanan dan keamanan.

Pelestarian lingkungan hidup sangat penting, sebab tanpa adanya kemauan untuk menjaga lingkungan hidup, maka akan menimbulkan kerusakan pada ekosistim, yang pada akhirnya akan mengancam kehidupan manusia.

Mencintai lingkungan hidup berarti setiap warga negara harus peka terhadap hal-hal yang dapat merusak ekosistim, seperti; menebang hutan secara tidak proposional yang membuat hutan gundul. Hutan yang gundul akan mengakibatkan tanah menjadi longsor. Disisi lain hutan yang gundul mengakibatkan sinar matahari dapat langsung menembus tanah, yang mengakibatkan permukaan air tanah menurun, dan tanah menjadi retak. Pencemaran udara, karena asap pabrik, asap mobil dan juga asap rokok yang dapat menimbulkan gangguan pada pernapasan bagian atas dan paru-paru.

Sebagai warga yang mencintai tanah airnya, maka ia tidak akan merusak, mengotori, mencemari atau merusak ekosistim, sebagai contohnya yaitu seorang warga yang mencintai tanah airnya ia tidak akan menebang, menggunduli atau membakar hutan, mencari/menangkap ikan dengan bahan peledak, membuang limbah ke sungai/laut, membuat udara tercemar yang disebabkan oleh gas buangan dari pabrik yang menimbulkan polusi udara, membuat suara bising dari mesin industri terhadap lingkungan pemukiman, membendung sungai atau menggalih tanah dan batu-batuan pada daerah aliran sungai dan lain sebagainnya.

Dan juga kembali kepada masyarakat untuk peduli kepada lingkungan, kita harus bersama mengatasi masalah ini, hijaukanlah bumi ini demi kelangsungan penerusmu kedepan, jangan buat alam ini bosan kepada kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar